My Tutorial

It's Our e-Learning database…

Mengelola hosting pribadi – disable hotlinking

| 0 comments

Memiliki blog/website yang berada pada hosting pribadi (bukan gratisan seperti Blogger atau WordPress.com) ternyata lebih menyusahkan dari segi pengelolaannya. Harus setor sekian $$$ setiap tahun, harus setting ini… itu… Kena spam beratus-ratus bahkan ribuan… Kuota bandwidth habis dipake orang (kok bisa ya???)… dan masih banyak lagi yang akan menarik perhatian kita. Beda dengan yang gratisan, gak perlu ini itu, artikel sudah nongol dengan elegan…

Tapi walaupun begitu, banyak hal yang bisa dipersonalisasi sehingga akhirnya lebih optimal daripada hosting gratis. Bagi pengguna biasa yang hanya membutuhkan tempat curhat atau membuat tulisan biasa, mungkin ini tidak begitu berguna. Tapi yang berorientasi $$$, sungguh sangat berbeda. Tidak semua agen iklan yang mau menerima blog yang masih ngekost (hehehe… istilah saya untuk blog gratisan).

Teman saya memiliki pengalaman kena teguran dari penyedia jasa hosting berbayar… karena bandwidth ke servernya kehabisan quota. Itu baru dari pengunjung yang benar-benar datang langsung ke blog-nya… Jika ada gambar yang diambil dari server yang sama (punya teman saya itu) untuk dipasang di blog lain (hotlinking) yang juga memiliki jumlah pengunjung yang sama-sama banyak???

Kena teguran 2 kali + disuruh pindah hosting mungkin… jika tidak mau nambah bayar.

Penggunaan gambar atau media lain ini yang akan menyiksa secara halus si penyewa server karena kuotanya selalu habis. Ini yang merupakan akses tidak diinginkan ini berupa penggunaan sumber daya (resource) seperti gambar, oleh blog atau website lain. Ini biasanya terjadi pada blog atau website self hosting. Hosting pribadi ini dibayar dengan quota yang telah ditentukan.

Ini perlu dibatasi … (maaf ya … bukannya pelit, tapi kasian si penyewa server kena marah terus bukan akibat perbuatannya).

Untuk itu… penggunaan gambar yang dipasang pada blog / website lain… perlu diatasi secara mandiri. Caranya… biasanya dengan menambahkan beberapa baris kode pada file htaccess di server. Tapi setelah saya berjalan-jalan di cpanel blog WordPress self hosted saya, vmancer.com, ternyata ada fasilitas untuk mengontrol ini… istilahnya hot linking. Itu ada di bagian security.

hotlinking-cpanel-vmancer

Seperti terlihat pada gambar diatas, saya hanya memperbolehkan penggunaan gambar yang sama hanya pada blog yang tercantum.

Author: vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.

Leave a Reply