Categories
Blog Internet

Membuat mobile view blog dengan Mippin

Belakangan ini penggunaan mobile device (HP) seperti smartphone, PDA phone, dan ponsel-ponsel biasa… banyak digunakan untuk mendapatkan informasi melalui internet seiring dengan semakin murahnya layanan internet tiap operator selular. Facebook, Twitter, chatting dengan eBuddy, Nimbuzz, Yahoo Messenger, semakin umum digunakan.

Apakah blog kita yang menyediakan beragam informasi menarik tetap hanya bisa dinikmati dengan PC yang terhubung dengan koneksi internet yang cepat ???

Jawaban saya tidak !!! Tidak semua template blog bisa dilihat dengan baik pada internet browser ponsel termasuk Opera Mini sekalipun.

Pemilik website yang ingin bisa diakses dengan mudah dan juga murah… bahkan akan lebih mudah lagi diakses ketika dilihat dengan Opera Mini…. bisa membuat website-nya menjadi berpenampilan minimalis tetapi sedikit berbeda dan nyaman diakses dari perangkat mobile dengan mobile view (tampak/interface ketika dilihat dengan HP). Ini akan mempermudah pengunjung, diharapkan terjadi kenaikan visitor traffic menuju blog kita.

Google telah memulai untuk melayani pengguna mobile dengan secara otomatis menampilkan halaman website ketika kita mengaktifkan mobile view. Tapi menurut saya … sering juga kacau.

mipin-make it mobile-mobile view-vmancer

Sebelum Mippin, saya mengenal terlebih dahulu yang namanya Mobify. Tapi menggunakannya lebih rumit… saya kebingungan menggunakannya –> bagaimana saya bisa cerita ke orang-orang melalui artikel di blog ini ???

Jalan-jalan lagi… sampai akhirnya bertemu Mippin. Dicoba untuk register, kemudian mengikuti langkah-langkahnya… Memasukkan RSS Feeds blog, memilih layout,… langsung terlihat disebelahnya perkiraan preview pada ponsel yang dipilih. Bisa memilih ponsel tipe lain sebagai perbandingan.

Setelah semuanya beres, akan tampak seperti gambar dibawah.

mipin-make it mobile-mobile view-vmancer-2Jadi… untuk melihat blog kita dengan tampilan mobile view dari Mippin ini, arahkan browser ponsel… bisa juga Opera Mini atau browser lain ke mippin.com/vmancer. Mobile view dari Mippin tampak pada gambar sebelah kiri dibawah. Untuk menuju full view blog, masuk ke alamat standarnya… vmancer.blogspot.com (gambar sebelah kanan di bawah).

mippin-vmancer blog site-mobile view-opera mini 5

mippin-vmancer blog site-normal view-opera mini 5

Dengan ini, tidak ada istilah ketinggalan informasi…

By vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.

8 replies on “Membuat mobile view blog dengan Mippin”

yang dimaksud ini apa ya : Feed not validated. Please re-check the text below is in the title of a story in your feed
Validate
To enable ads, please post a story to your feed with the code below:
Mippin feed validation KEY=2b2b931c

mas, aq udah daftar tp koq pas mau masuk section publicize ada tulisan kyk gini: “load a logo and set the colours for your site”

pdhal aq udah upload gambar iconnya!!!!

mohon pencerahannya boss!!!!

cepetan balasannya 🙂 😀

endi >
kayaknya itu perlu diulang aja tahap itu
gak ada masalah serius
sudah saya coba utk buat mobile view blog saya yang satu lagi.. vmancer.com

lancar kok… santai aja…
bisa diulang prosesnya

Maaf mas, mau nanya.
Jika blog kita, katakanlah memiliki lebih dari 500 judul postingan artikel, lalu bagaimanakah cara memunculkan semua judul artikel tsb di mippin?
setahu saya, mippin cuma bisa menampilkan 20 artikel terakhir bukan?
Jadi sisanya gak bisa di buka dari mippin ya?
mohon pencerahananya…

sdntanggeran :
Terima kasih atas tutorialnya. Setelah berjuang keras (maklum, pemula banget), jadi juga akhirnya. Ditunggu bagi-bagi ilmunya lagi. Tqu.

sudah saya lihat pak…
sebaiknya ini ditampilkan juga >> mippin.com/sdntanggeran

sehingga bisa langsung ketik menuju kesana.

mantap!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.